Peringati Hari Laut Sedunia, Aktivis Lingkungan Bersihkan Pesisir Mangunharjo Semarang

Semarang, Gatra.com – sebanyak 230 aktivis lingkungan dari berbagai kalangan melakukan kegiatan bersih-bersih pesisir pantai Mangunharjo di kawasan Mangkang Wetan Semarang.  Dalam acara peringatan Hari Laut Sedunia itu, mereka  berhasil mengumpulkan 678 kg.

Manager komunikasi Yayasan Bintari Semarang, Amalia Wulansari SS, mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya laut bagi kehidupan  sehingga perli dihindarkan dari pencemaran sampah. “Dampak sampah, terutama plastik yang sulit terurai, akan mengganggu ekosistem laut. Tentunya, hal itu  merugikan lingkungan,” kata Amalia.

Menurut Amalia, sampah menjadi isu penting untuk kelangsungan ekosistem laut. Oleh karena itu, Amalia mengajak beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dinas terkait,  serta masyarakat setempat untuk  peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan sampah di Mangunharjo.

“Kami bekerja sama dengan pemangku kepentingan di Kota Semarang menyelenggarakan Perayaan World Ocean Day di Pesisir Mangunharjo Kota Semarang dengan tema “Resik Atine Resik Segarane”” kata Lia .

Amalia mengatakan, selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya laut bagi kehidupan, Bintari juga concern untuk melakukan kampanye bahaya pencemaran laut. “Kami melibatkan beberapa stakeholder seperti instansi pemerintah, akademisi, dan lembaga peduli lingkungan di Semarang, misalnya Kelompok Siaga Bencana Bringin, Pendaki Gunung Indonesia, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), kelompok petani dan nelayan Kelurahan Mangkang Wetan dan Mangunharjo,” kata Amalia

Adapun beberapa Akademisi dari kampus yang ikut berpartisipasi di antaranya mahasiswa  Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Unika Sugijopranata dan Universita Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang

“Lebih dari 230 partisipan yang hadir terlibat dalam acara bersih pantai dan berhasil mengumpulkan sampah hingga 678 Kg sampah yang kebanyakan sampah plastik “kata Amalia.

Selain bersih pantai, kata Amalia, dalam Perayaan World Oceans Day  juga diselenggarakan  diskusi  tentang upaya kolaborasi dalam penanganan  sampah, terutama  sampah laut. Hadir dalam sesi diskusi tersebut yaitu Dinas Peikanan Kota Semarang, BPBD Kota Semarang, Ketua Kelompok Nelayan Mangunharjo dan perwakilan dari Bintari.

 

Berita ini telah dimuat dalam laman: https://www.gatra.com/detail/news/422037/lifestyle/peringati-hari-laut-sedunia-aktivis-lingkungan-bersihkan-di-pesisir-mangunharjo-semarang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *