Peringati 70 Tahun Persahabatan RI-AS, USAID Serahkan Hibah US$1,2 Juta

Jakarta, Gatra.com – Memperingati 70 Tahun Persahabatan Republik Indonesia dan Amerika Serikat, United State Agency for International Development (USAID) memberikan hibah kepada enam organisasi masyarakat sipil Indonesia dengan total dana US$1,2 juta atau Rp18 milyar. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Timor Room, Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan No.1, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).

Dalam acara tersebut, Duta Besar Amerika Serikat Joseph R. Donovan Jr. menandatangani penyerahan dana hibah disaksikan oleh Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr Tukul Rameyo Adi dan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) Dr Novrizal Tahar.

“Ini bagian dari komitmen Amerika Serikat dalam membantu negara sahabat untuk memberantas sampah plastik di laut. Di Amerika Serikat, ini juga menjadi salah satu masalah kami,” kata Dubes Donovan Jr.

Sementara itu, Tahar dari KLHK mengatakan bahwa penangan polusi sampah plastik di laut telah menjadi prioritas Pemerintah Indonesia.  “Hal ini juga sejalan dengan Rencana Aksi Nasional Penanganan Sampah Laut. Pemerintah juga sudah keluarkan Perpres No 83 Tahun 2018. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi sampah laut sampai 70 persen pada tahun 2025,” kata Tahar.

Dalam acara tersebut, enam organisasi masyarakat yang menerima hibah adalah Yayasan BINTARI (Semarang), Yayasan Misool (Sorong), Yayasan Gringgo (Denpasar), Divers Clean Action (Kepulauan Seribu), Transformasi Indonesia (Gowa) dan Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (Bandung).

 

Berita ini dimuat dalam laman: https://www.gatra.com/detail/news/404133-Peringati-70-Tahun-Persahabatan-RI-AS-USAID-Serahkan-Hibah-USD12-Juta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *