Bintari didirikan pada tahun 1986 di Semarang-Jawa Tengah, oleh beberapa ilmuwan, praktisi, dan pemerhati lingkungan yang sangat peduli terhadap permasalahan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan terutama pada kawasan perkotaan. Secara resmi, BINTARI berbadan hukum dan memulai aktivitasnya melalui Akta Notaris Sri Handini Soedjoko, SH No. 59 Tanggal 15 Februari 1986.

Visi

Masyarakat yang berketahanan dan berkelanjutan

Misi

Melakukan kajian untuk pengembangan pengelolaan lingkungan dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan Mempromosikan upaya pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan Meningkatkan kapasitas dan ketahanan masyarakat serta para pihak untuk pembangunan berkelanjutan

Nilai Organisasi

Mandiri: tidak tergantung pada donor, mengembangkan sumber pembiayaan alternative dan memiliki kapasitas pengelolaan lembaga yang berkualitas.

Integrasi Ekologis: mempertimbangkan kesatuan dan keterkaitan ekologis. Berkelanjutan, memberikan manfaat secara lingkungan, social dan ekonomi. Partisipatif, keikutsertaan stakeholder dalam membangun kesadaran bersama dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Berkeadilan: mencegah adanya pihak yang dirugikan dalam pelaksanaan program.

Struktur Organisasi

Trustees



Prof. Dr. Sudharto P. Hadi, MES
Prof. Dr. Budi Widianarko, DEA
Prof. Dr.Sri Mulyani, ES
Drs. Bambang Pramudyanto, MSi


Executive Board



Chairman : Dr. Ir. Joesron Alie Syahbana, MSc
Vice Chairman : Ir. M. Edi Waluyo
Secretary : Feri Prihantoro, ST.
Treasurer : Moh. Nurhadi, ST.


Team Management



Director Executive : Arief Khristanto, S.Hut
Program Director : Abdul Roviq
Communication Director : Amalia Wulansari


Supervisors



Drs. Gunarto, MM
Ir. Agus Hadiyarto, MT
Y. Sasmitohadi